Welcome to my Blog !!

Say what you want to say when you have time

Kurang Tidur Ganggu Metabolisme Tubuh


TERLALU banyak aktivitas, stres, banyak pikiran, fasilitas tidur kurang mendukung, bisa menyebabkan orang susah tidur. Apa pun faktornya, kurang tidur menyebabkan kelainan metabolisme tubuh.Di Amerika, misalnya. Penyakit kurang tidur sudah merupakan hal biasa. Melalui jajak pendapat di tahun 2002, National Sleep Foundation memperoleh data, `hanya` 30 persen orang dewasa yang mendapat jam tidur kategori cukup, yaitu 8 jam sehari semalam.

Polling yang sama menunjukkan, warga Amerika juga menderita gangguan tidur. Dari responden survei, 74 persen mengaku mengalami sedikitnya satu gangguan tidur setiap pekannya. Sementara 58 persen responden mengaku mengalami insomnia paling tidak beberapa malam dalam satu pekan. “Jika waktu tidur seseorang berkurang, maka sejumlah komponen metabolismenya akan terpengaruhi. Sejumlah hormon mempengaruhi metabolisme dan nafsu makan. Akibatnya, berpengaruh juga pada berat badan,” kata Dr. Michael Thorpy, direktur Sleep-Wake Disorders Center, divisi pada Pusat Kesehatan Montefiore, New York, AS.

Kurang tidur akan berpengaruh pada meningginya kadar glukosa darah, berkurangnya kadar insulin dan meningginya kadar kortisol. “Hormon leptin, hormon yang terkait dengan sel gemuk, juga terpengaruh oleh kurang tidur. Makanya, orang yang kurang tidur akan meningkat nafsu makannya. Akibatnya, mereka makan lebih banyak,” lanjut Dr Thorpy.

Lebih jauh, kurang tidur berdampak buruk pada penderita diabetes. Sebab diabetes berkaitan erat dengan kadar glukosa darah yang tinggi. Karena pentingnya tidur, sementara penderita sulit tidur juga makin banyak, lembaga yang dipimpin Dr Thorpy berupaya menerbitkan sejumlah tips untuk tidur lebih mudah dan nyenyak.

Tips itu sebagai berikut:

– Kalau sulit tidur malam, jangan tidur siang

– Berolahraga secara teratur, tapi hindari olahraga selama 3 jam sebelum tidur.

– Hindari mengkonsumsi kafein, nikotin dan alkohol pada sore dan malam hari. Zat-zat ini bisa menunda atau mengganggu tidur Anda.

– Minum maksimal segelas air putih, susu atau teh yang hangat sebelum tidur.

– Hindari makan besar sebelum tidur.

– Mandi air hangat sebelum tidur, atau lakukan ritual-ritual yang membuat Anda rileks untuk tidur.

– Kalau Anda terbangun atau gelisah tidur, bangunlah. Lalu lakukan hal-hal yang sederhana, misalnya membaca buku atau mendengarkan musik lembut. Setelah itu, coba tidur lagi.

http://www.pontianakpost.com/berita/index.asp?Berita=Kesehatan&id=14652

Nov 30, 2007 - Posted by | News

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: