Welcome to my Blog !!

Say what you want to say when you have time

Pekan Ini Puncak Hujan Meteor Geminid

“Jika Anda belum melihat bola api Geminid melesat indah di angkasa, Anda belum dikatakan melihat meteor,” kata astronom David Levy dan Stephen Edberg seperti dilansir Space.com. Peristiwa tahunan ini memang diyakini sebagai hujan meteor terindah tahun ini.

Setiap tahun, munculnya meteor-meteor Geminid umumnya lebih memuaskan pengamat langit bahkan melebihi hujan meteor Perseid setiap bulan Agustus. Meteor-meteor Geminid dikenal reputasinya dengan gerakan yang lambat dan terang dengan warna cahaya putih.

Kecepatannya menembus atmosfer pada kisaran menengah, hanya sekira 35 kilometer perjam. Namun, tak seperti Perseid, meteor-meteor Geminid meninggalkan ekor yang pendek bahkan tak terlihat dengan mata telanjang.

Meteor-meteor ini berasal dari sumber yang berbeda dengan meteor pada umumnya. Geminid bukan berasal dari pecahan komet, melainkan sebuah asteroid bernama 3200/Phaeton, yang serpihannya melintas dekat Bumi. Meski demikina, sejumlah ilmuwan meyakini Phaeton terbentuk dari sebuah komet yang terbakar habis bagian komanya dan terperangkap pada orbit tertentu.

Pada 10 Desember 2007, Phaeton akan melintas dekat Bumi pada jarak 11 juta kilometer. Ini merupakan jarak terdekat sejak asteroid tersebut ditemukan pada tahun 1983.

Rasi bintang Gemini

Untuk mengamatinya tahun ini, Mutoha dari Jogja Astro Club (JAC) dalam blog-nya memberikan beberapa kiat. Puncak Hujan Meteor Geminid akan terjadi pada Jumat (14/12) sekira pukul 23.45 WIB. Jika beruntung, sejak Jumat (7/12) sebenarnya meteor-meteor yang melesat dapat disaksikan mulai pukul 21.00 WIB sampai menjelang pagi.

Fokuskan pengamatan ke arah rasi bintang Gemini. Nama Geminid sendiri memang diambil dari rasi bintang yang membentuk dua orang kembar. Meteor-meteor akan terlihat di dekat Castor, salah satu bintang di rasi tersebut. Rasi bintang Gemini terlihat di langit arah timur laut mulai pukul 20.00 WIB dan akan terus bergerak ke langit barat hingga pagi hari berikutnya.

Geminid dapat menampakkan meteor sampai 120 kilatan setiap jam. Tahun ini merupakan saat terbaik untuk pengamatan karena tidak ada gangguan cahaya bulan, yang masih tanggal muda. Selain itu, langit malam akan dihiasi Planet Mars lebih terang karena tengah mendekati posisi perigee (terdekat dengan Bumi) pada 18 Desember 2007.

Jadi, jangan lewatkan indahnya langit malam akhir pekan depan.

Dec 10, 2007 - Posted by | News

1 Comment »

  1. Kapan ya hujan uang gitu??

    -= CHAZ =-
    http://chaz27.wordpress.com

    Comment by Chaz | Dec 14, 2007 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: