Welcome to my Blog !!

Say what you want to say when you have time

Menyimak Kebiasaan Makan Orang Asia

 


 

Walaupun sudah berkeluarga dan memiliki pembantu rumah tangga, ternyata 55 % orang Indonesia lebih suka makan malam di rumah orangtua atau mertua ketimbang jajan di restoran.

Itu merupakan salah satu hasil “Asian Food and Dining Habits Survey” yang dilakukan oleh produsen peralatan dapur Electrolux dengan melibatkan 9000 responden di 9 negara Asia, yaitu Cina, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Survei tersebut dibuat untuk mengetahui kebiasaan orang Asia dalam mengonsumsi dan mengolah makanan. Yang menarik dari hasil survei ini terungkap kuatnya pengaruh orangtua dan eratnya hubungan kekeluargaan di negara-negara Asia.

Sebagian besar responden (91 %) berpendapat untuk memasak dibutuhkan keterampilan khusus. Lebih dari separuh (52 %) menjawab mereka mendapat kemampuan memasak dari para orangtua.

Meskipun kuliner Asia sangat kaya akan beragam pilihan makanan, ternyata pilihan masyarakat perkotaan bukanlah restoran atau gerai makanan cepat saji. Menurut hasil survei itu 80 % orang Thailand, 76 % orang Malaysia, 74 % Filipina, 73 % Singapura, dan 55 % orang Indonesia, mengatakan mereka lebih suka makan di rumah orangtua ataupun rumah mertua sebagai tempat yang dipilih saat makan di luar rumah.

Sementara itu dalam hal menentukan menu masakan bagi keluarga 24 % responden Indonesia mengatakan bahwa ibu di rumah adalah orang yang paling berperan. Meski demikian dalam urusan memasak 30 % responden menjawab yang biasa mengerjakan adalah pembantu.

Kebanyakan orang Asia sangat memperhatikan kesegaran dari makanan yang mereka konsumsi. 84 % dari responden mengatakan bahwa kualitas dan kesegaran makanan yang akan mereka konsumsi merupakan hal yang sangat penting. Di mana orang Asia berbelanja makanan segar? Ternyata 40 % responden menjawab lebih memilih pasar tradisional, baru diikuti oleh supermarket (32 %).

Dibandingkan dengan masyarakat Asia lainnya, ternyata 66 % orang Jepang paling senang berkumpul di depan TV sambil menikmati makan malam. Di tempat kedua adalah Vietnam dengan 61 %. Mungkin hal ini dikarenakan rata-rata orang Jepang tinggal di apartmen yang sempit, mengingat mahalnya harga rumah di sana.

Menurut Marketing Manager Electrolux Indonesia, Fransisca Maya, survei tersebut merupakan upaya untuk menjembatani antara desain produk dan kebutuhan konsumen sehingga didapatkan referensi berdasarkan pengalaman nyata konsumen. Metodologi survei dilakukan dengan mengirimkan kuesioner melalui majalah dengan target 1000 responden di tiap negara.

Dec 15, 2007 - Posted by | News

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: